21 Januari 2016

Betapa Besar Perbedaanya Antara Bos dan Pemimpin


Bisnis akan terus tumbuh dan berkembang jika kita memiliki seorang pemimpin yang hebat.
Dan sebaliknya bisnis yang susah payah kita bangun akan hancur sekejap mata jika cara memimpin kita yang salah atau kurang tepat.

Apa kata pepatah, pengalaman adalah guru yang sangat beharga. Jadi mari kita jadikan pengalaman menjadi memperbaiki cara kita memimpin usaha atau bisnis yang sedang kita kembangkan.

Perbedaan antara bos dan pemimpin, sebenarnya hanya terletak bagaimana cara kita kita memimpin suatu bisnis. Apakah type kita bos atau type pemimpin. Silahkah kita renungkan pada diri kita masing - masing apakah yang kita lakukan dalam selama ini type bos atau type seorang pemimpin.

Bos yang hebat adalah bos yang dapat memposisikan diri mereka sebagai pemimpin. Mari kita simak apa perbedaan antara bos dan pemimpin :

Bos cenderung mengatakan (saya) dan pemimpin seringkali mengatakan (kita).
Contoh; [BOS] Saya adalah bos anda, apapun yang saya katakan anda harus mengikutinya. [Pemimpin] Kita adalah sama, semua aturan yang kita sepakati untuk kebaikan kita bersama.

Bos mengambil semua penghargaan untuk dirinya, sedangkan pemimpin memberikan penghargaan.
Contoh; Suatu ketika sebuah perusahaan mebel mendapat penghargaan dari Presiden RI. Bos berkata 'Penghargaan ini saya dapatkan berkat kerja keras saya selama ini'. Jadi staff beserta pegawainya di kemanain ?. Berbeda dengan seorang pemimpin; Penghargaan ini kita dapatkan berkat kerja keras kita selama ini. Jika ada seorang pemilik perusahaan berkata sepertinya alangkah senangnya staff beserta pegawainya. Dan kita pastikan perusahaan ini akan terus maju dan berkembang.

Jika ada suatu masalah baik besar maupun kecil, biasanya bos lebih suka menyalahkan bawahannya atas masalah yang ada, sedangkan pemimpin menyelesaikan permasalahan.

Pada umumnya bos lebih senang mengendalikan bawahannya, ketimbang memimbing bawahannya, Sehingga tidak salah banyak bawahan yang benci dengan bos yang type seperti ini. Yuk, mulailah menjadi seorang pemimpin yang suka memimbing bawahannya.

Bos biasa menggunakan orang lain untuk mencapai keinginannya, sedangkan pemimping cenderung membangun bawahannya.

Biasanya bos lebih suka bergantung pada otoritasnya. Berbeda dengan seorang pemimpin, pemimpin pasti akan mempertahankan kerja yang baik dan berkualitas.

Ini yang lebih ekstrim lagi, bos akan membangun banyak ketakutan pada para bawahannya, berbanding terbalik dengan seorang pemimpin yang meningkatkan semangat dan antusias orang lain.

Banyak bos yang suka mengeluarkan perintah, sedangkan pemimpin akan meminta pendapat dan bertanya kesediaan orang lain.

Nah, sekarang kita sudah paham bukan ? kira - kira type mana kita sekarang ?. Silahkan renungkan dan semoga kita melajar menjadi seorang pemimpin bukan menjadi seorang bos. :)


Load disqus comments

0 komentar