KEBEBASAN FINANSIAL


Kebebasan finansial adalah mimpi bagi setiap orang di dunia. Orang yang telah mencapai kebebasan finansial tidak lagi takut dengan krisis finansial yang bisa membuatnya miskin. Kebebasan finansial dicapai dengan mendapatkan pendapatan pasif yang melebihi biaya hidup dan gaya hidup sehari–hari.
Oleh karena itu banyak orang yang mencari guru – guru terbaik yang mengajarkan kebebasan finansial. Pengajar finansial terkemuka Robert Kiyosaki, dalam buku fenomenalnya berjudul Rich Dad Poor Dad mengungkap rahasia kebebasan finansial terbaik di dunia. Dari pengalamannya sebagai pengusaha, investor dan salah satu pakar finansial terkemuka di dunia, berikut adalah kunci kebebasan finansial dari Robert Kiyosaki :

1. Ambil tanggung jawab penuh

Pada poin ini, Kiyosaki mengungkapkan, setiap orang harus berani bertanggung jawab atas neraca keuangan mereka sendiri. Jadi, Anda perlu bertanggung jawab atas setiap keputusan pembelian atau penjualan yang berpengaruh terhadap neraca keuangan. Anda harus sadar setiap keputusan yang diambil akan berpengaruh terhadap rencana keuangan di masa yang akan datang.

2. Kontrol pengeluaran

Kita hidup di zaman dimana manusia sangat konsumtif. Tantangan yang besar untuk mengendalikan pengeluaran pada zaman konsumtif sekarang tetapi Anda wajib untuk belajar mengendalikan pengeluaran Anda. Kebiasan Anda untuk mengatur pengeluaran sangat berpengaruh terhadap neraca keuangan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berpikir berulang kali sebelum menghabiskan uang Anda. Pada awalnya, Anda akan merasa cukup berat tetapi lama – lama Anda akan terbiasa mengendalikan pengeluaran yang pada akhirnya berdampak positif pada mimpi kebebasan finansial Anda.

3. Anggaran itu sangat penting.

Membuat anggaran dan menghabiskan sesuai anggaran sangat penting untuk mencapai kebebasan finansial di masa yang akan datang. Anggaran akan memberikan Anda batasan dalam mengelola pendapatan dan mengontrol pengeluaran Anda. Apabila Anda ingin mengontrol neraca keuangan Anda maka anggaran adalah alat untuk mencapai tujuan Anda.

4. Bayarlah diri anda sendiri


Maksud dari pernyataan diatas adalah Anda perlu menabung sebagian uang. Tujuan dari menabung disini adalah untuk membuat Anda semakin kaya dan mencegah Anda menjadi lebih miskin. Lebih baik Anda menabung daripada Anda sibuk membayar cicilan kartu kredit atau cicilan pinjaman lainnya.  Hanya dengan menabung sekarang, Anda bisa berinvestasi di masa yang akan datang.

5. Sediakan dana darurat

Dana darurat disini artinya uang yang cukup digunakan untuk menjalani hidup selama 6 bulan. Tujuan dari dana darurat yaitu untuk memastikan Anda tidak berhutang ketika suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Dengan adanya dana darurat, Anda juga akan lebih tenang dalam menjalani hidup. Cara terbaik untuk menyediakan dana darurat adalah membuka sebuah rekening baru dan mulailah menabung untuk menyimpan dana darurat.

>>>>>>

- Dana darurat untuk min 6 - 9 bulan biaya hidup.

- Cicilan atau hutang tidak boleh melebihi 30 % penghasilan.

- Menabung min 10 % dari penghasilan. Menabung dulu, sisanya baru digunakan, bukan setelah ada sisa baru ditabung.

============ Sumber Artikel: RCA. Azbardi (Group Wa) & Picture from : Blog Paddupa
KEBEBASAN FINANSIAL KEBEBASAN FINANSIAL Reviewed by BlogNotes on Mei 07, 2016 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.