9 September 2018

Tips Masih Sehat, Masih Berkarya


Menurut Prof. Dr. Shigeaki Hinohara (pada 2017 usianya 106 tahun,  masih sehat, masih berkarya sebagai dokter).

Inilah resepnya :

1. Energi Berasal Terutama dari Perasaan yang Baik
Lakukan dan nikmati apapun yg anda kerjakan dg penuh gairah,  lakukan seperti anda sedang        berpesta sekecil apapun pekerjaan itu dan apapun yg dipercayakan kepada anda.

2. Jangan Kelebihan Berat Badan.
Targetkan Berat (kg) =Tinggi (cm) minus 100 minus 10%.
Setiap kilogram kelebihan berat berarti mengurangi energi yg dibutuhkan otak untuk berfungsi optimal. Juga energi untuk pemeliharaan organ2 vital seperti jantung dan ginjal.


3. Selalu Membuat Rencana Kedepan.
Buatlah jadwal setahun,  baik untuk karya maupun untuk bersenang - bersenang walaupun secara garis besar saja. Inilah bentuk impian anda. Jadwal dan impian memacu otak berpikir bagaimana melakukannya dan mendorong untuk punya wawasan jauh ke depan sehingga tak terjebak hanya pada masa lalu.

4. Anda Tidak Harus Pensiun
Jika anda ingin pensiun (dari pekerjaan yg sifatnya nafkah), Lakukan bukan karena usia tapi karena sudah punya kesibukan lain.

5. Berbagilah Apa yg Anda Ketahui.
Apa yg anda ketahui usahakan menuliskan, kemudian bagikan. Jika memungkinkan, ceramahkan. Tak usah pikirkan imbalan atau pengakuan. Membagikan itu untuk kepentingan anda. Ketika Anda membagikan, perasaan kepenuhan tercapai, anda memperoleh kesukaan.

6. Jangan Percaya Semua yang Dikatakan/Dianjurkan Dokter Anda
Dokter tidak dapat menyembuhkan semua orang dengan berbagai rupa gangguan kesehatan.
Dokter yang terbaik adalah yang meyakinkan anda bahwa anda sehat - sehat saja. Mengapa harus menambahkan beban yang tidak perlu bagi pasien dengan kewajiban kontrol, berpantang  dan check bermacam macam hal, menambah sakit dg suntikan yg sifatnya hanya sesaat?

Contoh :
a) obat maag, sering sebenarnya tidak perlu, malah bisa membahayakan, sebab asam lambung itu sangat penting bagi kesehatan.
b) Isu Cholesterol, trigliserida, HDL, LDL, menurut riset terbaru (2017) ternyata tidak ada maknanya. Tidak ada penyakit yg disebabkan Cholesterol dan trigliserida. Istilah Cholesterol baik dan jahat untuk HDL &  LDL juga sudah tidak  berlaku karena keduanya punya fungsi yg vital untuk tubuh,  tak ada yg jahat. Obat penurun Cholesterol dan trigliserida juga ternyata berbahaya dan tak ada gunanya diberikan sebab Cholesterol dan trigliserida tinggi karena stres. Obat2 itu merusak hati, membuat depresi, kelemahan umum, kerusakan ginjal, kepikunan dini dan menghambat upaya perbaikan untuk jantung.

7. Agar Tetap Sehat,  latih kaki dan otot - otot paha.
Usahakan lebih banyak berdiri dan berjalan ketimbang duduk. Sediakan lokasi nyaman tempat anda bisa berdiri sambil membaca koran,  buku, mengerjakan tugas di komputer  dll,  sehingga tidak sepenuhnya melakukannya sambil duduk.

8. Carilah Inspirasi
Berusahalah memetik manfaat, menyerap apapun yg anda temui untuk membuat anda bisa membuat rencana besar.  Upaya ini sangat memacu otak semakin hidup.

By. 4NNNN - Humour & Motivation
Load disqus comments

0 komentar