4 September 2018

Pesona Pariangan Kota Terindah Di Dunia, Kota Diatas Awan


Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat merupakan Desa terindah di dunia.Keasrian dan warisan leluhur yang masih terjaga, yang menjadi ciri dan identitas budaya Sumatera Barat.


Perkampungan yang terletak di lereng Gunung Marapi yang begitu sejuk, mampu bersanding dengan keindahan Desa Wengen dari Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, serta Desa Cesky Krumlov dari Republik Ceko.


Karena berada di daerah dataran tinggi, Desa Pariangan yang berada di kaki gunung Marapi mempunyai pemandangan persawahan yang sangat indah. Sawah-sawah tersebut berundak-undak dengan latar belakang Gunung Marapi.

Sawah-sawah yang berundak-undak itu menghampar bak permadani raksasa. Ketika musim tanam, hamparan sawah tersebut menghijau. Dan ketika hendak panen tiba hamparan sawah menguning sejauh mata memandang, keindahan yang sangat alami dan sungguh mempesona.


Jika Anda perhatikan secara detail, tidak ada paku yang digunakan untuk menyatukan kayu pada bangunan rumah. Selain itu, tidak ada rumah yang terbuat dari batu bata dan semen. Semua rumah dibuat dari kayu atau bambu dengan aksesoris ala Minang yang khas.

Keramahan penduduk sekitar juga jadi daya tarik lain di desa ini. Selain bangunan yang tua dan kaya akan nilai budaya, Desa Pariangan juga memiliki Masjid Ishlah yang merupakan masjid tertua di ranah Minang. Keberadaan masjid beserta aktivitasnya menambah kaya warisan budaya Pariangan.


Kami sempat mengabadikan foto bersama Manajer ICON+ SBU Pekanbaru beserta team, ketika mengadakan kunjungan ke Pemerintah Kab. Tanah Datar. Penulis sendiri tidak ada dalam foto ini, karena saat itu full menjadi Fotografer. hehehe.

Bagi teman - teman yang belum pernah datang Nagari Pariangan, Yuk Kunjungi rame - rame Nagari Terindah di Dunia ini.

Load disqus comments

0 komentar