19 Oktober 2018

Ternyata Aku Belajar Dari Perjalanan Hidup


Waktu kecil saya pernah bercita - cita menjadi  seorang pilot.  Seorang pilot yang pastinya menerbangkan pesawat udara. Waktu itu umur saya berkisar 6 sampai 7 tahun. Motivasi ingin menjadi pilot karena kebiasaan nonton film hero seperti Superman, Spiderman, dan Batman. Karena melihat kehebatan seorang super hero yang bisa mengendarai segala jenis kendaraan tempur di udara. Saya pada masa itu namanya juga anak - anak jadi gampang terbawa arus. Dasar anak - anak ya ..hehe.

Setelah menginjak bangku Sekolah Menengah Pertama, cita - cita aku berubah lagi. Kali ini bercita - cita menjadi seorang pecinta alam. Berawal dari ikut jadi peserta Pramuka Penggalang pada masa itu membuat saya jadi cinta alam terbuka. Pernah berhari - hari tidur di tenda, kalau saya ingat, ketawa sendiri. hmmm

Hampir semua kegiatan alam saya ikuti, mulai dari camping, hiking, bahkan mendaki gunung. Namanya masih remaja, pastinya darah kuat dan bergelora. Boleh dibilang ga pernah sakit. hebat ya..


Menginjak Sekolah Menengah Atas (SMA), masih menjadi seorang pecinta alam sejati. Bagaimanapun tetap happy. Ujung - ujungnya masih bisa mengadu sama orang tua. hehe

Menginjak Perguruan tinggi, ini benar - benar mental sudah saya siapkan mau jadi apa nanti, setelah menyelesaikan pendidikan. Beruntung dulu saya sudah ditempa, bagaimana hidup di alam. Jadi seperti apapun rintangan yang saya hadapi selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi (maklum anak kost, hehe) jadi so easy. Tanpa beban pikiran, kira - kira begitu.

Dari serangkaian cita - cita semasa kecil, ternyata apa yang saya cita - citakan tidak semerta - merta saya dapatkan. Saya tidak perlu jadi pilot tapi ada orang yang mau jadi pilot, ketika saya bepergian dalam negeri ataupun luar negeri.

Ketika saya merasakan suka duka selama menjadi anak alam. Ternyata saat ini, saya tidak menjadi anak manja ataupun anak cengeng. Karena dah terbiasa hidup mandiri.

Ibarat apa kata pepatah minang, Alam Takambang Jadi Guru. Artinya;  segala apa yang kita jalani, kita rasakan, suatu saat nanti akan menjadi pembelajaran buat hidup kita untuk yang lebih baik.

By. Joyun
Pic . amanatsepuh.wordpress.com


Load disqus comments

0 komentar