1 Oktober 2018

Jika Anda Memiliki Ide Cemerlang, Eksekusi Ide Kreatif Anda

Telegraph di ciptakan pertama kali di tahun 1830an oleh Samuel Morse, dimana alat komunikasi ini menggunakan kode suara yang disebut Kode Morse. Pada tahun 1870'an, ada 2 orang ilmuwan hebat yang bekerja keras berusaha memodifikasi dan mengubah Telegraf sebagai alat komunikasi yang menggunakan suara manusia, orang tersebut adalah:

1. Alexander Graham Bell
2. Elisha Gray

Keduanya mempunyai ide yang sama yaitu untuk menyampaikan PESAN SUARA melalui Kabel, dan keduanya melakukan riset tentang bagaimana bisa melakukan transmisi suara manusia secara elektris.

Keduanya pun berhasil !! Yang membuat cerita ini menjadi seru adalah karena pada tanggal 14 February 1876. Mereka berdua secara kebetulan bersamaan mendaftarkan IDE mereka di Kantor Patent.

Graham Bell, mendaftar lebih awal & merupakan orang dengan urutan kelims yang mendaftarkan Hak Patent pada hari itu.

Sedangkan Elisha Gray, melalui Pengacaranya, mendaftarkan Patentnya beberapa jam kemudian.

Seperti kita ketahui bersama, sampai saat ini Alexander Graham Bell lah yang akhirnya terkenal sebagai Penemu Pesawat Telefon.


Gray segera saja mengajukan protes bahwa dialah yang telah memikirkan ide tersebut terlebih dahulu.

Namun sejarah mencatat bahwa Pengadilan tetap memenangkan Alexander Graham Bell.

Ide yang bagus tidak akan pernah mencapai nilai optimal, tanpa disertai inisiatif untuk take action.

Dalam bukunya John C Maxwell yang berjudul Talent is not enough mengingatkan kepada kita bahwa jika kita punya talenta & ide kreatif / cemerlang saja tidak akan pernah cukup. Kita perlu juga melakukan langkah-langkah berani untuk bertindak!

Tekad memang perlu tapi tanpa keNEKADan kita untuk mengeksekusi ide maka ide itu menjadi sia-sia.

Hati-hati juga jika kita terlalu banyak ide. Sebab hal tersebut bisa jadi tidak produktif dan akan membuat kita berputar-putar dan berjalan ditempat.

Yang terakhir adalah belajarlah dari apa yang Bill gates pernah katakan, “Di dalam bisnis, ide untuk mengukur apa yang kita kerjakan, ide untuk mengukur performa produk atau layanan kita serta kepuasan pelanggan kita adalah sangat penting."

Oleh : WA Building The Dream - Kelas Dasar 109 (7 Hari)
Load disqus comments

0 komentar