22 September 2019

Kabut Asap Di Sumatera Semakin Mengkhawatirkan, Semoga Kabut Asap Segera Berakhir.


Pulau Sumatera saat ini sudah di kelilingi kabut asap. Kabut asap akibat terbakarnya beberapa lahan tidak tahu siapa pemiliknya. Hehe.


Kebakaran beberapa lahan yang berlokasi di Riau dan Jambi tersebar di beberapa daerah yang terletak di pinggiran kota ini, membuat masyarakat jadi susah bernafas. Dan bahkan jika menggunakan kendaraan, jarak pandangpun jadi terbatas.

Sekolah – sekolah sudah mulai di liburkan oleh kepala daerah pada masing – masing daerah. Karena di khawatirkan dampak kabut asap sangat berpotensi mengganggu kesehatan pada anak – anak. 

Khusus di Riau, kebakaran hutan boleh di katakan tiap tahun selalu ada. Tidak dapat saya bayangkan dampak kabut asap ini terhadap  kesehatan masyarakat sekitar. Jika kabut asap ini terjadi berkepanjangan, sangat berbahaya sekali terhadap kondisi paru – paru anak, maupun paru – paru orang dewasa.

Dalam hal ini, pemerintah daerah sudah berkali – berkali mengingatkan para pemilik lahan agar memperhatikan kondisi keamanan lahan agar tidak terjadi kebakaran hebat. Banyak langkah – langkah yang harus di perhatikan oleh pemilik lahan. Dan saya yakin dan percaya bahwa pemilik lahan paham tentang itu.


Kepedulian terhadap dampak sebelum kebakaran sangatlah penting untuk di perhatikan oleh pemilik lahan. Kasihan sama anak – anak dibawah umur, dan bahkan bayi yang harus menghirup udara beracun akibat tindakan yang dilakukan oleh pemilik lahan. 

Semoga kebakaran hutan saat ini yang sudah mengancam kesehatan masyarakat di pulau sumatera bukannlah dengan kesengajaan para pemilik lahan. Dan jika kebakaran hutan dilakukan dengan kesengajaan, maka pemerintah tentunya akan mengambil tindakan tegas terhadap pemilik lahan. 

Saat saya menulis artikel singkat ini, posisi saya berada di kota padang.  Sebuah kota yang saya anggap udara yang sangat bersih dan dan seahat disini. Boleh saya katakan bahwa, para pemilik lahan di sumbar sangat peduli terhadap kesehatan lingkungan. Setahu saya sejak masa kuliahpun di Sumatera Barat tidak ada kebakaran hutan sehebat Riau.


Semoga kabut asap segera berakhir dan tidak ada lagi kabut asap di tahun – tahun kedepannya. Dan masyarakat kembali bisa menghirup udara sehat.





Load disqus comments

0 komentar