19 Oktober 2019

Marketing Yang Hebat Adalah Seorang Yang Dapat Membangun Relasi Dimana - Mana !!


Ujung tombak agar perusahaan terus maju dan berkembang adalah terdapatnya tenaga penjualan yang handal.  Perusahaan akan terus ber inovasi jika tenaga pemasaran saling ber sinergi satu sama yang lain. Seorang tenaga penjual yang handal adalah seorang yang multi talenta. Mahir dalam membina hubungan bisnis dan talenta dalam bernegosiasi.

Aku pernah mengahadapi hal yang sulit dalam terjun ke dunia penjualan. Terutama membina hunungan emosional dengan rekan bisnis dan menghadapi beberapa katakter calon pelanggan yang harus aku hadapi dengan sabar.

Dalam bidang penjualan, penolakan bagiku adalah hal yang biasa.  pelanggan yang suka membandingkan harga dengan perusahaan pesaing juga hal yang biasa. Hal yang terpenting aku lakukan adalah bagaimana membangun relasi terlebih dahulu.  Setelah hubungan relasi terbentuk,  sehingga mengembangkan bisnis akan lebih mudah.

Hal - hal lain yang perlu kita ingat adalah,  jangan pernah kita memposisikan diri sebagai sales. Namun posisikan diri kita sebagai pemberi solusi.  Jadi, jika mindset tersebut sudah melekat pada diri kita. Maka pelanggan lebih percaya kepada kita untuk memberikan amanah kepada kita sebagai solusi produk pilihan mereka.

Marketing yang hebat adalah mereka yang bisa membangun relasi dimana mana. Jangan pernah mendatangi calon pelanggan atau pelanggan saat kita butuh saja. Namun jaga hubungan emosional dengan tetap mempertahankan relasi. hehe


Banyak cara membangun relasi ataupun mempertahankan relasi yang ada. Baik bertanya kabar,  atau sambil ngobrol di sebuah kedai kopi atau kantin costumer tersebut.  Nah,  kalau ini improvisasi saja ya.. Hehe..

Hal yang perlu di perhatikan lagi adalah fast respon baik telp,  sms atau Wa dari pelangggan dan calon pelanggan. Jangan sampai hubungan emosional jadi hancur hanya gara - gara hal kecil ini.  Dan jika ada kendala atau problem komunikasikan segera. Jangan pernah mendiamkan hal demikian, karena juga bisa berakibat fatal. Komunikasi yang bagus akan menghasilkan karya yang bagus.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketulusan hati dalam berkomunikasi maupun membina relasi. Jangan terkesan di buat - buat. Sulit memang bagi pemula,  namun perlu latihan ekstra lho, agar something tulus mengalir automaticly.

Intonasi komunikasi juga hal terpenting dalam membangun dan membina hubungan bisnis. Jaga terus intonasi jangan sampai meledak - ledak atau bahkan menggurui. Namun usahakan komunikasi dengan bahasa halus, walaupun sebenarnya kita menggurui sedikit,  sehingga feelnya dapat.

Banyak sebenarnya trik dan strategi membangun dan membina relasi. Jadi terus berlatih dan berlatih ya.

Buka mata dan pikiran,  terus belajar dengan yang sudah berpengalaman sehingga sedikit demi sedikit ilmu dari atasan bisa kita serap. Dan tugas kita adalah mengembangkan dengan terus berlati, belajar dan terus belajar. (Joyun)

Load disqus comments

0 komentar