27 Oktober 2019

Pesona Ngalau Seribu Nagari Harau


Ada yang pernah mengunjungi Ngalau Seribu di Nagari Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat?  Sebuah Ngalau  (Gua) yang memiliki 1000 (Seribu)  gua.

Ngalau Seribu dapat teman - teman  jumpai dengan berjalan kaki sejauh 1 Jam atau sekitar 1 KM dari jalan besar kantor wali nagari atau kantor kepala desa harau.

Aku menyempatkan berbincang - bincang dengan warga Harau,  Pak Ari Ganting Namanya. Menurut beliau bahwa Ngalau Seribu banyak di kunjungi dari wisatawan luar negeri seperti Malaysia dan Eropa.

Menurut info dari Pak Eri Ganting,  salah satu Sekolah Internasional dari Malaysia hampir setiap tahun mengunkungi Ngalau Seribu ini.

Dan untuk menempuh perjalanan menuju Ngalau Seribu melewati beberapa lokasi yang agak terjal. Jadi di himbau kepada teman - teman yang akan berkunjung ke sini,  usahakan tidak menggunakan sepatu tinggi atau licin.

Untuk teman - teman yang akan berkunjung kesini, sebaiknya teman - teman menggunakan jasa tour guide. Agar selama perjalanan menuju ke lokasi tidak nyasar. Karena lokasi ini masih kategori lokasi baru bagi teman - teman.


Aku tahunya saja ketika mengobrol dengan warga sekitar. Ketika istirahat dan minum sejenak dengan teman - teman ICON+ di sebuah warkop (warung kopi) disekitar lokasi Sarasah Samurai sambil melepas penat.

Dalam perjalanan menuju ke Kota Padang,  aku mencoba kembali menulis dan merangkai kata - demi kata dari berdasarkan info dari salah seorang warga di lokasi warkop tadi.

Karena waktu aku juga terbatas,  dan teman - teman dari ICON+ SBU Pekanbaru juga terbatas,  jadi aku belum sempat mengunjungi lokasi Ngalau Saribu.

Semoga kedepan aku dapat mengunjungi daerah ini dengan situasi berbeda. Dan tentunya ini menjadi catatan wisata aku berikutnya.

Demikian sekilas info mengenai Ngalau Seribu yang aku dapat dari Pak Eri Ganting,  yang juga seorang pengelola sebuah bungalau atau resort yang ada sekitaran Sarasah Murai. Semoga bermanfaat bagi teman - teman yang membaca atrikel singkat ini. (joyun)
Load disqus comments

0 komentar