19 November 2019

Berawal Dari Sebuah Blog Biasa, Ternyata Berbuah Bisnis Yang Manis

Ilustrasi Gambar : blog.rumahweb.com
Di era digital saat sekarang ini,  tidak ada satupun perusahaan yang tidak memiliki nama domain terhadap bisnis yang di jalankan oleh perusahaannya.  Sebuah brand name yang dapat meningkatkan revenue perusahannya hanya dengan memiliki nama domain yang sudah di sewa melalui perusahaan penyedia domain.

Tidak hanya perusahaan saja yang menggunakan nama domain yang menarik dan unik,  namun para pelaku toko online ataupun para blog (blogger maupun wordpress) juga menyewa nama domain dari perusahaan penyedia domain yang ada di indonesia,  bahkan ada juga yang menyewa nama domain dari penyedia layanan domain yang berkantor di luar negeri.

Jika menurut aku, para pelaku bisnis, para blogger, ataupun wordpress, sebaiknya anda menyewa layanan domain dari perusahaan penyedia layanan tersebut,  dari Indonesia saja. Dan jika ada trouble atau domain anda tidak bisa di akses,  anda dapat dengan mudah minta bantuan costumer service pemilik layanan tersebut.

Kenapa hal demikian aku sampaikan,  karena aku pernah memiliki pengalaman bahwa domain aku tidak dapat di akses,  dan akhirnya aku minta bantuan kepada costumer service pemilik layanan penyedia domain.

Di Indonesia banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan domain dan hosting. Karena aku terbiasa menggunakan layanan domain dari rumahweb,  sejak beberapa tahun terakhir aku beralih ke rumahweb.

Aku pernah memiliki pengalaman,  tiba domain aku tidak bisa di akses lagi. Aku benar - benar kaget, "Kenapa ya,  nama domain milik ku tidak bisa di akses?, dan setiap kali aku akses nama domain milik aku,  justru beralih ke salah satu website,  bahwa domain aku di jual?", aku mulai stress dan bingung, ketika itu.

Akhirnya, aku mencoba menghubungi salah salah satu costumer service yang ada pada beranda rumahweb.com. pada halaman chat,  aku mulai melakukan chating.

Baca juga; Harga Domain Murah dapat anda temui di Rumahweb.com

"Admin rumahweb,  mohon bantuan,  website aku tidak dapat di akses" kataku. Dan beberapa detik kemudian,  langsung direspon cepat oleh costumer service rumahweb. "Ada yang bisa kami bantu pak", kata seorang yang melayani aku saat itu ,dengan ramah.

Alhamdulillah, proses penanganan gangguan rumahweb lumayan cepat,  dan pelayanan dari rumahweb juga sangat memuaskan. Dan hingga saat ini, website aku masih berjalan aman dan lancar. Dan aku masih menjadi pelanggan setia Rumahweb hingga saat ini.
Ilustrasi Gambar : review-hosting-id.blogspot.com
Berbicara tentang blog,  aku sama sekali tidaklah memiliki nama blog yang bagus,  aku hanya memiliki nama blog biasa dan isi artikel aku juga biasa saja. Berbeda dengan anda yang sedang membaca artikel ini, mungkin nama blog anda lebih unik, lebih menarik dan isi artikel andapun mungkin lebih spesifik.

Dan pastinya aku akan terus belajar dari keberhasilan anda dalam mengemas sebuah blog dengan nama domain pilihan yang menarik dan unik, sehingga blog andapun menghasilkan pundi - pundi rupiah. Sukses buat anda yang sudah menghasilkan rupiah hanya dari blog yang anda miliki saat ini.

Awalnya aku hanya memiliki sebuah blog yang berisikan semua feature artikel. Singkat cerita,  apapun tema artikelnya aku punya. Mulai dari Kesehatan,  motivasi,  bisnis,  teknologi,  wisata alam,  wisata kuliner,  tutorial dan masih banyak lagi. Hehe.

Karena aku memang tidak memiliki spesifik tentang blog aku ketika itu,  akhirnya aku memberi nama indah,  "BlogNote" nama yang aku berikan dengan banyak pertimbangan dan berkali - kali aku rubah, hingga akhirnya aku putuskan dan aku nobatkan, bahwa BlogNotes adalah pilihan yang tepat. Dan nama domainnya sendiri, aku gunakan nama aku sendiri, penasaran dengan nama domain yang aku maksud?.  Anda tuntaskan membaca artikel ini.

Awalnya aku tidak percaya diri dengan nama domain atas nama aku sendiri ini. Beberapa kali aku searching di internet,  menggunakan nama domain dengan nama sendiri tidak begitu menjual.  Dan akhirnya aku putus asa,  dan membiarkan nama domain aku expire hingga setahun.

Akhirnya sebuah semangat dan power adrenalin aku bangkit lagi. Lalu aku kembali buka kembali layanan dari rumahweb, ternyata rumahweb masih eksist rupanya. Hehe

Dan aku kembali iseng - iseng searching nama domain di rumahweb,  ternyata nama domain aku belum di gunakan orang lain. "sebelum terlambat dan di ambil orang lain nama domain ini, aku pastikan siang ini, nama domain ini jadi milik aku kembali" Pikir aku waktu itu.  Aku langsung order nama domain yang aku maksud tersebut dan langsung aku aktifkan di hari itu juga. Nama domain yang aku maksud adalah yullhartono.com .
Yullhartono.com adalah migrasi dari yuhartono.blogspot.com , sebuah blog milik blogger, group perusahaan raksasa dari google. Maklum,  aku pecinta google. Hehe

Isi artikel aku bersumber dari ragam artikel teman - teman yang ada di dunia maya, baik aku dapatkan dari social media, maupun hasil searching dari google,   dan aku selalu menampilkan sumber artikel ataupun gambar yang ada pada setiap artikel manapun yang aku publish. Karena bagi aku, ini hanyalah menyatukan ragam artikel yang bermanfaat bagi aku. Jadi kapanpun aku bisa buka dan baca kembali terhadap artikel yang sudah aku simpan tersebut pada blog pribadi aku tersebut.

Dan akhirnya, blog yang awalnya hanya sebatas blog biasa, aku jadikan blog yang luar biasa, aku daftarkan ke adsense. Dan Sumber pendapatan pun mengalir dari nama domain yang aku anggap biasa ini.

Baca juga; Hosting Murah Rumahweb.com

Aku masih belum puas dengan penghasilan aku dari adsense,  aku mencoba mencari info tentang bisnis affiliasi. Dan beberapa perusahaan affiliasi terbesar di Indonesia menjadi pilihan aku hingga saat ini. Dan pastinya aku terus mencari bisnis - bisnis Affiliasi dari perusahaan mana saja, karena menurut aku bisnis affiliasi minim resiko. Paling aku menyewa nama domain baru lagi dari penyedia layanan domain, untuk mensupport bisnis baru tersebut, tapi sayang seribu sayang, bisnis affiliasi yang aku cari masih belum aku temukan. Doakan ya teman - teman, bisnis yang sedang aku cari dapat aku temukan dalam waktu dekat. hehe 

Jika bisnis affiliasi tentunya aku harus memiliki nama domain yang spesifik,  karena ini menyangkut brand name produk yang aku jual. Singkat cerita, aku kembali menyewa layanan domain yang disediakan oleh rumahweb. Dan hingga saat ini, aku masih pelanggan setia Rumahweb.
Ilustrasi Gambar: moota.co
Beberapa nama domain sudah aku sewa dari rumahweb,  dan beberapa nama domain ku sudah mengudara di lintas dunia maya. Mulai dari facebook,  twitter,  instagram dan linkedin.

Nah,  nama domain dari bisnis affiliasi yang sedang aku jalankan tersebut. Link domain yang sudah aku sewa,  aku pasang pada blog pribadi aku.

Dan ketika seseorang membaca artikel pada blog pribadi aku,  dan mereka tertarik pada link domain bisnis yang berisikan produk dari bisnis affiliasi. Maka blog pribadi aku juga menghasilkan pundi - pundi rupiah.

Kesimpulan yang dapat aku simpulkan di akhir artikel ini adalah, tidak selamanya blog tidak bisa di jadikan bisnis. Namun blog dapat menghasilkan pundi rupiah dengan nilai rupiah yang tidak terduga.

Alihkan nama domain blog anda saat ini dari Blogger ataupun Wordpress, menjadi nama domain anda sendiri, melalui perusahaan penyedia layanan domain terpercaya. (yull hartono)
Load disqus comments

0 komentar