13 November 2019

Siapa Yang Salah, Saat Pelanggan Anda, Tidak Berkomunikasi Baik Dengan Anda?

Ilustrasi Gambar: tazvita.com
Apa sebenarnya yang akan di kejar oleh seseorang jika ia bekerja di perusahaan besar?. Karir,  pangkat atau jabatan,  atau kepuasan pelanggan?. Anda jawab sendiri,  dan aku tidak akan jelaskan detailnya di tulisan aku pagi ini.


Manusia bukanlah makhluk tuhan yang sempurna,  namun jika anda mengemban tugas melayani pelanggan dan kepuasan pelanggan. Pastikan anda benar - benar menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan anda.


Bagaimana jika tiba - tiba pelanggan yang menggunakan layanan produk yang sudah anda jual atau yang digunakan oleh pelanggan anda sudah sekian lama?. Lalu tiba - tiba tidak lagi menggunakan layanan dari produk yang sudah anda jual kepada pelanggan. "Aku berhenti menggunakan layanan anda", ungkap ia. Apa yang terpikir bagi anda?. Ini pelanggan kok tiba - tiba tidak mau lagi menggunakan layanan produk kita. Kenapa ya? , berbagai asumsi pasti akan melekat dalam otak anda.

Celakanya,  surat komplain tidak lagi menggunakan layanan produk anda, justru di kirim dengan email ke email corporate perusahaan. Anda stress bukan?  Atau anda menyalahkan orang lain,  atau justru anda tidak mau di persalahkan?, atau membela diri?. Satu jawaban yang tepat adalah good communication. Sudahkah anda lakukan itu?


Ada beberapa penyebab,  jika hal demikian terjadi:
1). Anda kurang menjaga komunikasi dengan pelanggan anda. Jagalah selalu komunikasi yang baik dengan pelanggan anda.
2). Dalam berbisnis,  setelah produk anda digunakan oleh pelanggan anda. Sesekali bertanya kabar.  Say hallo,  walaupun hanya berbasa basi.


Ketika hal demikian sudah benar - benar terjadi "Pelanggan anda beralih pandangan ke layanan produk perusahaan lain", anda perlu koreksi diri. Dalam berbisnis semua yang terjadi,  jangan dibawa perasaan "baper", ungkapan masa kini. Hehe.

Itulah yang perlu anda perhatikan,  jika anda mengalami hal demikian. Komunikasi yang bagus, adalah saling menjaga emosional masing - masing. Dan bukan sebaliknya saling mempertahankan ego masing - masing. Tetap jaga komunikasi yang baik dengan pelanggan anda.
Load disqus comments

0 komentar