1 Desember 2019

Selamat Hari Jadi Kota Sawahlunto Ke 131

Minggu (1/12) merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat Kota Sawahlunto. Hari jadi Kota Sawahlunto ke 131 yang di hadiri juga oleh Walikota Sawahlunto, Gubernur Sumatera Barat,  undangan beserta masyarakat Kota Sawahlunto ikut memeriahkan hari jadi Kota Sawahlunto.




Acara yang berlangsung sejak jam 7.30 wib pagi diikuti oleh pengunjung sekitar 1000 an pengunjung, baik dari undangan maupun dari masyarakat Kota Sawahlunto.

Pada tahun 2019 ini Kota Sawahlunto mengusung tema Prosesi Makan Bajamba bersama seluruh tamu yang datang dari berbagai kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat.

Prosesi Makan Bajamba merupakan makan bersama - sama di atas karpet atau tikar yang sudah di sediakan panitia. Makan bersama dan tidak menggunakan sendok makan. Menarik bukan?.

Acara Makan Bajamba yang diselenggarakan di Simpang Tugu Kota Sawahlunto, tepatnya di kawasan PT Bukit Asam,  cukup meriah.

Memperingati hari jadi Kota Sawahlunto pada hari ini lumayan berjalan lancar,  dengan cuaca yang cukup bagus.





Khusus bundo kanduang (ibu - ibu) kota Sawahlunto yang menghadiri acara jadi kota Sawahlunto menggunakan pakaian khas Minangkabau, dan khusus para undangan menggunakan batik.

Makan Bajamba merupakan tradisi makan yang ada di Minangkabau. Sebuah tradisi makan bersama yang turun temurun dari nenek moyang orang minangkabau. Dan tradisi makan bajamba masih dilakukan oleh penduduk asli minangkabau ketika ada acara - acara adat. Baik dalam adat makan bersama di rumah gadang,  ataupun makan bersama di acara pernikahan dan lain - lain sebagainya.




Semoga tradisi makan bajamba di Minangkabau terus berlanjut hingga ke anak cucu masyarakat minangkabau. Kebersamaan terus terjalin dengan tradisi makan seperti ini. Tanpa memandang jabatan,  pendidikan ataupun keturunan.

Sekali lagi selamat hari jadi kota Sawahlunto ke 131. Semoga Kota Sawahlunto semakin jaya dengan kota tambangnya,  dan semakin makmur dengan kebersamannya.

Load disqus comments

0 komentar