Membangkitkan Perekonomian Indonesia, Dengan Usaha Kecil Menengah

Ketika ekonomi negara di dunia terpuruk akibat ganasnya Covid-19, yang mengakibatkan pabrik tidak beroperasi, kantor tutup dan bahkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Efek Covid -19 yang sudah memporak - porandakan tatanan perekonomian negara Indonesia, akhirnya masyarakat beralih ke Usaha Kecil Menengah (UKM), demi mencukupi kebutuhan keluarga mereka.

Di Indonesia, Usaha Kecil Menengah (UKM) banyak kita temukan hampir di seluruh Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Usaha Kecil Menengah (UKM) sudah menjadi program Pemerintah Republik Indonesia, hingga ke Kabupaten dan Kota, terus digalakkan hingga saat ini.

Dan beberapa bulan belakang, Usaha Kecil Menengah (UKM) sempat goyang dan bahkan tumbang akibat ganasnya Covid-19 yang mengakibatkan roda perekonomian lumpuh. Karena pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ), untuk mengurangi lajunya perkembangan Covid -19.

Hal demikian tidak begitu lama, Pemerintah Indonesia, melalui Presiden Republik Indonesia (RI), Ir.Joko Widodo, memberlakukan New Normal. Masyarakat dapat melakukan aktivitas ekonomi seperti biasa, dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Sebuah perusahaan PT Master Web Network (Master Web) yang bergerak dibidang Internet Service Provider (ISP) dan Web Hosting yang berkantor di Cyber Tower Jakarta, yang peduli dengan perkembangan perekonomian Indonesia. Pada kesempatan kali ini mengangkat tema "Bangkitnya Semangat UKM Indonesia".

Dan dalam rangka memerperingati Hari UKM Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Agustust 2020, dan 17 Agustus 2020 yang merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Master Web kembali menghadirkan MasterWeb  Blog Competition Season 2, untuk para Blogger di Indonesia untuk dapat menyampaikan tulisan - tulisannya melalui artikel pada masing - masing Blogger.

Usaha Kecil Dan Menengah yang sudah diatur dalam Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah, bahwa UKM di Indonesia di Support oleh Pemerintah. Jadi sebagai Putra - Putri bangsa Indonesia, mari kita bangkitkan kembali Usaha Kecil dan Menengah di Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.

Hari ini perekonomian masyarakat sudah mulai beroperasi, kantor, tempat Ibadah, toko, warung, dan UKM sudah mulai berjalan seperti biasa,namun protokoler kesehatan tetap menjadi perhatian kita semua.

UKM (Usaha Kecil Menengah) yang menjadi fokus pemerintah Indonesia untuk memperbaiki tatanan ekonomi, penulis mengajak pembaca artikel ini untuk bangkit kembali menjadikan ekonomi bangsa Indonesia kembali stabil.

Banyak bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dapat pembaca lakukan, Indonesia kaya dengan alamnya, Indonesia kaya dengan sumber daya manusianya. Yuk, kita bangkitkan kembali UKM di Indonesia.

Berikut adalah bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dapat kamu jalankan, setelah kamu membaca artikel ini:

1. UKM Bidang Kuliner.

Bagi kamu yang ahli dalam bidang makanan dan minuman, usaha bidang kuliner dapat kamu tekuni. Banyak aneka kuliner yang dapat kamu jalani saat ini. Apalagi negara Indonesia yang memiliki masakan khas pada masing - masing daerah yang ada di Indonesia, 

Bisnis kuliner sebuah bisnis yang tidak akan pernah hilang, dan bahkan bisnis ini termasuk bisnis yang bertahan sepanjang masa. Jadi bagi kamu yang akan memulai bisnis kuliner, mantapkan hati dan jiwamu bahwa bisnis kuliner pilihan bisnis yang tepat saat ini bagimu.

Aneka kuliner dapat kamu buat, mulai dari makanan pokok, aneka kue, aneka kerupuk, dan aneka minuman lainnya. Dan tentunya kamu dapat memilih aneka kuliner yang ada di daerahmu, masakan daerah yang terus diburu oleh wisatawan di Indonesia bahkan di dunia. 

Buktinya, hampir di Kabupaten dan Kota yang ada di Indonesia, kamu dapat temukan pusat oleh - oleh yang dapat kamu jadikan buah tangan ketika kamu mengunjungi suatu daerah. 

2. UKM Bidang Fashion.

Bisnis Fashion, sebuah bisnis yang tidak akan pernah mati. Selama orang masih menggunakan pakaian, bisnis ini akan terus menjadi primadona. 

Perkembangan fashion di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun. Banyak hal yang dapat kamu lakukan sebagai inovasi fashion yang sudah kamu jalani atau tekuni.

Misalnya, ketika kamu ahli dalam membuat mukena, jilbab, dan trend fashion lainya. Kamu juga dapat memproduksi sendiri, sehinggan kamu dapat menghasilkan produk fashion sesuai dengan selera pelangganmu saat ini.

Fashion selalu menjadi idola kaum muda, kenapa kamu tidak jalani saja bisnis fashion saja saat ini. Meskipun kamu seorang pegawai atau karyawan, kamu dapat jalani bisnis fashion kok.

3. UKM Bidang Pendidikan.

Efek Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), bagi kamu yang mahir Bahasa Inggris. Kamu dapat membuka bimbingan belajar Bahasa Inggris di sekitaran tempat tinggalmu.

Langkah awal yang bagus, saat kamu membuka bimbingan belajar Bajasa Inggris untuk siswa, mahasiswa, pegawai/karyawan dan umum.

Setelah bimbingan belajar Bahasa Inggris yang sudah kamu jalankan,  semakin hari semakin maju, tentunya kamu membutuhkan kelas yang banyak, lokasi parkir yang luas. Kamu dapat memilih tempat bimbingan belajar yang cukup luas. Dan bahkan kamu dapat menambah bidang studi lainnya.

4. UKM Bidang Otomotif.

Kamu dapat memulai membuka usaha spart part sepeda, motor, hingga spart part mobil dari pengetahuanmu dalam bidang tersebut. Karena hampir seluruh masyarakat Indonesia memiliki sepeda, motor dan bahkan mobil. Peluang bisnis ini layak untuk kamu coba. 

Tahap awal kamu dapat menggunakan garasi rumahmu untuk memulainya, dan setelah bisnismu terus berkembang, maka kamu dapat kembangkan lagi dengan mencari tempat yang lebih lua.

Kamu tidak hanya menjual dan menyediakan spart part saja, namun juga dapat membuka bengkel sepeda, motor dan mobil dari skiil yang kamu miliki saat ini, baik di garasi rumahmu saat ini, dan bahkan kamu menyewa tempat di lokasi yang strategis.

Dan bahkan kamu juga bisa membuka cucian motor dan mobil. Meskipun kamu tidak memiliki skiil khusus, menjalankan bisnis cucian, kamu juga dapat lakukan. 

5. UKM Bidang Teknologi Internet.

Pengunjung internet di Indonesia termasuk pengunjung terbesar di Dunia, dan bahkan orang mencari informasi di internet. Dan bahkan saat ini hampir semua orang memiliki hanphone atau gadget, semua informasi mereka dapatkan dengan mudah hanya dengan melalui koneksi internet.

Bagi kamu yang ahli dibidang aplikasi, website dan bidang IT lainnya, kamu dapat menyalurkan bakatmu dengan membangun berbagai macam aplikasi, website dan bidang IT lainnya. Memang bidang ini tidak semua yang mampu, alangkah baiknya skiil atau ilmu yang kamu meliki dapat membantu orang lain yang membutuhkan aplikasi, website atau IT lainnya dari yang kamu miliki.

Cara untuk mendapatkan orderan aplikasi, website, bidang IT lainnya, promosi dapat kamu lakukan melalui internet, baik melalui youtube, facebook, instagram, twitter, whatsaap dan media sosial lainnya. Dan hal demikian sudah dilakukan oleh jutaan orang di Indonesia, dan tentunya memudahkan semua orang dalam menekuni bisnis melalui internet, saat ini.

Ternyata untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid - 19 sangatlah mudah, bukan?. Tinggal kemauan yang kuat untuk membangun bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk kamu dimanapun berada.

Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) dapat kamu tekuni mulai saat ini, sehingga semangat wirausahamu yang selama ini tidak tersalurkan, kamu dapat memilih peluang bisnis apa saja yang sudah aku publish dalam artikel ini.

Para generasi muda di seluruh Indonesia, yuk kita bangkitkan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) dengan semangat perjuangan untuk Indonesia dan memajukan Negara Indonesia dengan UKM yang terus bersinar  dimata dunia.

Tanggal 12 Agustus 2020 merupakan Hari UKM Nasional, bertepatan dengan Hari UKM Nasional masi kita bangkitkan semangat Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) dalam jiwa putra dan Putri Indonesia. Kita Satu Bangsa, Satu Bahasa, Dan Satu Negara, yaitu Indonesia. 

Mari kita buktikan ke dunia, bawah Indonesia memiliki Usaha kecil Dan Menengah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbaik di Dunia. Bersama kita saling support untuk kemajuan UKM di Negara tercinta ini. Dan bersama - sama kita maju menjadikan perekonomian terbaik dengan tingkat pendapatan yang merata.

Demikianlah artikel ini penulis publish untuk seluruh masyarakat Indonesia, dan bahkan masyarakat yang ada di Dunia. Semoga artikel ini menjadi referensi bagi kamu yang akan menekuni bisnis Usaha Kecil Menengah. Ilustrasi gambar: Pixabay.com. (yull hartono)

Membangkitkan Perekonomian Indonesia, Dengan Usaha Kecil Menengah Membangkitkan Perekonomian Indonesia, Dengan Usaha Kecil Menengah Reviewed by BlogNotes on September 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.